Korps Brimob Ulangtahun ke-75  

by -168 views

SEKALI MELANGKAH PANTANG MENYERAH

Usianya sepantaran dengan Republik Indonesia. Itu menegaskan bahwa Brimob atau Brigade Mobile, memiliki peran penting dalam senjarah, selain sebagai kesatuan elit yang sangat diperhitungkan.

Dikenal sebagai Korps  Baret Biru Tua, Brimob yang pada 14 November lalu berulangtahun, memberi kebanggaan bagi Polri.

Secara resmi, Brimob lahir pada 14 November 1946. Namun Korps Brigade Mobil merupakan unit tertua karena dibentuk bersama lahirnya Kepolisian Republik Indonesia (Polri) di tahun 1945.

Di tahun-tahun perjuangan 45, korp ini memakai nama Jepang, Tokubetsu Keisatsutai atau Pasukan Polisi Istimewa. Dibentuk untuk mengemban tugas sebagai pasukan yang melucuti senjata Jepang. Selain,  melindungi kepala negara, serta mempertahankan ibukota.

Kiprah Pasukan Polisi Istimewa yang menjadi cikal-bakal Brimob, memang sangat panjang. Pasukan ini juga terlibat dalam   pertempuran sangat legendaris 10 November 1945 di Surabaya. Selain pada perang yang kemudian diperingati sebagai Hari Pahlawan, Brimob zaman itu, juga ikut bertempur melawan bala Sekutu. Dipimpin Inspektur Polisi Satu Mohammad Yasin, pasukan ini, mengambil bagian penting dalam pertempuran tersebut.

Tiga bulan setelah kemerdekaan, tepatnya 14 November 1946, Mobile Brigade (Mobrig) dibentuk, menggantikan Pasukan Polisi Istimewa. Penggagasnya adalah Perdana Meteri Sutan Syahrir. Sejak itulah, Mobrig menjadi pasukan yang disegani di berbagai medan pertempuran.

Bersama penyerahan penghargaan Sakanti Yano Utama dari Bung Karno, nama Mobrig diubah sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia menjadi Brigade Mobil atau Brimob, nama yang dipakai hingga saat ini. Peristiwa monumental itu terjadi pada peringatan ulangtahun Mobrig ke 15,  tanggal 14 November 1961.

Sejarah Brimob diisi dengan banyak prestasi. Selain ikut terlibat dalam berbagai pertempuran sejak di era perang kemerdekaan, Brigade Mobil juga ambil bagian dalam setiap peristiwa penting. Misalnya saja pada masa konfrontasi dengan Malaysia tahun 1963. Juga, saat merebut Timor Timur tahun 1975.

Bersama perkembangan zaman, Brimob juga mengalami berbagai perubahan, pembaharuan, serta penyempurnaan. Tahun 1981 umpamanya, dibentuk sub unit baru di lingkungan Brimob. Unit ini bertugas melakukan Penjinak Bahan Peledak (Jihandak).

Berikutnya, pada 1998 ketika Indonesia mulai populer dengan demonstrasi, dibentuk Pasukan Anti Huru-hara (PHH). Pasukan ini, dilatih secara khusus menangani setiap bentuk huru-hara mulai dari yang sederhana hingga yang kompleks.

Berbagai terobosan juga dilakukan korp ini. Termasuk pelatihan-pelatihan tak biasa, misalnya saja untuk melakukan operasi lintas udara. Fungsi Search And Rescue (SAR) juga mulai disiapkan dengan  melakukan pelatihan SAR secara intensif.

Sebagai kesatuan yang memiliki posisi istimewa, tugas Bromob, memang tidak seperti polisi pada umumnya. Inilah korp semi militer dengan spesifikasi latihan tak ubahnya TNI. Sebab, tugas Brimob salah satunya membantu TNI, terutama dalam menjaga kedaulatan negara. Oleh karena fungsi itulah, Brimob memilik senjata serbu, bahkan tank. Selain memberi suport TNI dalam kondisidarurat, kriminalitas berintensitas tinggi, adalah wilayah tugas Korp Brigade Mobil.

Masuk jajaran pasukan elite, Brimob dipimpin oleh jenderal bintang dua. Dan, saat ini, perwira yang menjadi Komandan Korp Brimob adalah Irjen Pol Murad Ismail. Namun dalam operasi Gegana, komando berada di bawah Kapolri dengan Asisten Operasi (Asop) Kapolri sebagai pelaksana. (*)

 

Satuan Brimob Polri 

Pusat pendidikan korps brimob 

    Satuan I Gegana  
    Resimen II pelopor
    Resimen III pelopor 

Satuan Brimob Daerah

    Sat Brimob Polda Aceh
    Sat Brimob Polda Sumatera Utara
    Sat Brimob Polda Riau
    Sat Brimob Polda Kepulauan Riau
    Sat Brimob Polda Sumtera Barat
    Sat Brimob Polda Jambi
    Sat Brimob Polda Bengkulu
    Sat Brimob Polda Sumatera Selatan
    Sat Brimob Polda Lampung
    Sat Brimob Polda Metro Jaya
    Sat Brimob Polda Jawa Barat
    Sat Brimob Polda Banten
    Sat Brimob Polda Jawa Tengah
    Sat Brimob Polda Daerah Istimewa Yogyakarta
    Sat Brimob Polda Jawa Timur
    Sat Brimob Polda Bali
    Sat Brimob Polda Nusa Tenggara Barat
    Sat Brimob Polda Nusa Tengggara Timur
    Sat Brimob Polda Kalimantan Barat
    Sat Brimob Polda Kalimantan Tengah
    Sat Brimob Polda Kalimantan Selatan
    Sat Brimob Polda Kalimantan Timur
    Sat Brimob Polda Kalimantan Utara
    Sat Brimob Polda Sulawesi Utara
    Sat Brimob Polda Gorontalo
    Sat Brimob Polda Sulawesi Tengah
    Sat Brimob Polda Sulawesi Tenggara
    Sat Brimob Polda Sulawesi Selatan
    Sat Brimob Polda Sulawesi Barat
    Sat Brimob Polda Maluku
    Sat Brimob Polda Maluku Utara
    Sat Brimob Polda Papua
    Sat Brimob Polda Papua Barat
    Sat Brimob Polda Kepulauan Bangka Belitung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *