Kapolda Tegaskan tidak Ada Perayaan Tahun Baru di Kalsel

by -570 views

BANJARMASIN, MPH-Kapolda  Kalimantan Selatan, Irjen Pol Drs Rikwanto SH, M.Hum menegaskan bahwa tidak ada pesta Tahun Baru 2021. Hal itu sesuai dengan Maklumat Kapolri bahwa warga tidak menyelenggarakan pertemuan atau kegiatan yang mengundang kerumunan orang banyak di tempat umum.

Apabila ada keramaian pada malam pergantian tahun, Kepolisian tidak akan segan-segan akan membubarkan. “Pesta Tahun Baru kita sarankan tidak ada. (Apabila ada) ya kita bubarkan,” tegas Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum.

Sementara itu, sepanjang perayaan Natal serta rangkaian ibadah di gereja di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), berjalan tertib dan lancar. Situasi keamanan juga kondusif, terutama di malam dan saat perayaan Natal, berlangsung aman dan kondusif.

“Wilayah Kalimantan Selatan secara keseluruhan aman dan terkendali, tidak ada kejadian maupun keributan yang menonjol sehingga kemudian mengganggu umat Kristiani melaksanakan ibadah Natal,” ungkap Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum.

Kapolda Kalsel juga menyebutkan bahwa warga yang melaksanakan ibadah Natal tahun 2020 sudah menaati dan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) pencegahan penyebaran Virus Corona atau Covid-19.

Perayaan Natal tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena setiap Gereja diwajibkan menyediakan tempat pencuci tangan dan Jemaat diharuskan memakai masker serta menjaga jarak.

Kepada masyarakat, Kapolda mengucapkan terima kasih. Tidak hanya yang sedang menjalankan ibadah, tapi  seluruh masyarakat Kalimantan Selatan yang telah berpartisipasi untuk menjaga kondusifitas Kamtibmas di saat perayaan Natal.

“Perayaan Natal di Kalimantan Selatan berjalan aman, tertib dan lancar. Ini semua terwujud karena tidak terlepas dari kerja keras Polri, TNI bersama Pemerintah maupun dukungan dari masyarakat, sehingga umat Kristiani yang melaksanakan ibadah di setiap Gereja merasakan kenyamanan saat perayaan Natal,” tuturnya.(jek)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *