Waspadai Provokasi Jelang Pergantian Tahun Baru

by -196 views

JAKARTA, MPH-Hari ini, di akhir tahun 2020, masyarakat dihimbau tidak membuat keramaian pada malam tahun baru. Sebab, ancaman bahaya penyebaran virus Covid 19, masih sangat perlu diwaspadai, jika terjadi kerumunan.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono, meminta masyarakat  selalu menerapkan  protokol kesehatan. “Kami menghimbau masyarakat tidak merayakan tahun baru di luar. Di rumah lebih baik dengan tetap menjaga protokol kesehatan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) juga meminta, menjelang pergantian tahun, masyarakat luas tidak mudah diprovokasi, apalagi dalam upaya mengadu domba antar golongan yang berpotensi memecah persatuan.

Menurut Kadiv Humas Polri, masyarakat harus peka pada lingkungan. Terutama di sekitar rumahnya. Kenali tetangga samping rumah agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Peranan pengurus rukun warga (RW) dan rukun tetangga (RT), tambah Argo Yuwono,  diharapkan bekerja secara maksimal mendeteksi anggota warganya. Selanjutnya, harus dioptimalkan fungsi Bhabinkamtibmas dan Babinsa. Juga, aparat kelurahan untuk mengidentifikasi warga sekitar.

“Masyarakat jangan mudah percaya kepada berita-berita yang bersifat negatif, berita bohong atau provokatif. Jangan mudah diadu domba oleh kelompok-kelompok yang tidak bertanggung jawab,” jelas Irjen Argo Yuwono.

Masyarakat, masih menurut Kadiv Humas Polri, harus waspada pada munculnya aksi teror selama perayaan malam pergantian Tahun Baru 2021.  “Kami meminta pemuka agama, guru dan orang tua menyampaikan imbauan serta pencerahan kepada lingkungan sekitarnya agar lebih peduli,” tambahnya.(jek)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *