Indonesia Tercepat ke-8 Vaksinasi Dunia

by -97 views

JAKARTA, MPH 

Dalam soal mengatasi pandemi Covid 19, Indonesia, termasuk negara yang sigap. Setidaknya, menurut Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Indonesia ada di urutan ke-8 vaksinasi Covid-19 tercepat.

Berada di urutan delapan, tambah Menkes Budi Gunadi, Indonesia berada di belakang Jerman, Turki, Brazil, Inggris, India dan Amerika Serikat. Saat ini, sudah ada 60 negara melakukan vaksinasi.

“Sudah hampir 60 negara yang sudah melakukan vaksinasi di dunia, Indonesia ada di ranking nomor 8,” jelas Budi Gunadi Sadikin, saat menghadiri rapat kerja dengan Komisi IX DPR, Kamis, 8  April 2021.

Amerika termasuk cepat, karena memproduksi vaksin sendiri. Budi menjelaskan, beberapa negara yang sudah memproduksi vaksin adalah  Amerika Serikat, China, India, Inggris, serta Rusia.

Vaksin produksi Amerika dan Inggris, hanya dipakai sendiri.  Menurut Menkes, apabila ada negara yang memakai vaksin Amerika Serikat, sudah bisa dipastikan, bukan diproduksi di Amerika, tapi di luar Amerika Serikat.

Sementara itu, China dan India, adalah dua negara yang menyediakan vaksin untuk negara-negara lain. Mereka mampu memproduksi dalam jumlah berlimpah, sehingga bisa diekspor ke banyak negara.

Selain menempati urutan delapan, menurut Budi Gunadi, Indonesia menjadi negara keempat dengan laju penyutikan vaksin Covid-19. Itu, di luar negara  yang memproduksi sendiri vaksinnya.

Kondisi ini, bisa terjadi karena Indonesia menjadikan vaksinasi sebagai gerakan nasional. “Semua komponen bangsa baik itu lembaga sosial, lembaga keagamaan, lembaga pendidikan, maupun yang lain sebagainya sudah membantu pemerintah untuk melakukan vaksinasi,” jelas Menteri Kesehatan.(jek)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *