Menutup KTT G20, Presiden Serahkan Gelar Presidensi ke India

by -341 views

DENPASAR, MPH-kemarin, Rabu, 16 November 2022, gelaran KTT G20 yang digelar di Bali, resmi ditutup. Penutupan ditandai dengan penyerahan gelar presidensi G20 tahun depan dari Presiden Joko Widodo ke Perdana Menteri India Narendra Modi.

“Saya ingin menyampaikan selamat kepada India, yang akan melanjutkan kepemimpinan presidensi G20 berikutnya. Amanah menjaga dan mewujudkan pemulihan global serta pertumbuhan yang inklusif selanjutnya berada di tangan Yang Mulia PM Narendra Modi,”  kata Presiden Jokowi.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga mengungkapkan keyakinannya bahwa berada dalam kepemimpinan Modi, G20 akan terus bergerak. Joko Widodo juga mengungkapkan kesiapan Indonesia mendukung presidensi India di G20 tahun depan.

Kepada seluruh pemimpin G20, Joko Widodo meminta untuk ikut mendukung presidensi India tahun depan.  “Menandai berakhirnya presidensi Indonesia di G20, saya menyerahkan tampuk kepemimpinan (G20) kepada India selaku presidensi G20 berikutnya,” katanya.

Selanjutnya, Jokowi mengapresiasi seluruh kementerian, lembaga, dan kelompok kerja G20 yang telah membantu mewujudkan kesuksesan presidensi Indonesia di G20 selama setahun terakhir.

Tak lupa, presiden juga mengaku senang melihat antusiasme para pemimpin negara G20 yang hadir langsung di Bali,  meski di tengah situasi global yang sedang mengalami banyak kesulitan.

“Selamat jalan kepada seluruh pemimpin negara yang hadir dan delegasi undangan, have a safe trip. Dengan ini saya nyatakan KTT G20 di Bali, Indonesia, ditutup,” kata Presiden Joko Widodo seraya mengetuk palu di meja sidang.(jek)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *