Program Edukasi Kepramukaan Mengasah Jiwa Entrepreneur

by -128 views

BANGKA, MPH

Beberapa pelajar mulai dari tingkat SMA, SMK, MAN, MTS dan Mahasiswa Se-Bangka Belitung mengikuti program edukasi kepramukaan dalam tema “Sepradik Berguru” untuk mengasah jiwa kewirausahaan. Acara ini dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 21 sampai 25 November.

Program edukasi kepramukaan ini mengajak pelajar berkunjung ke salah satu usaha kerajinan tangan gubuk kreasi di Desa Air Anyir Kab. Bangka.

Dimulai dari sesi diskusi, pelajar pramuka dibekali motivasi langsung dari Bang Zamzani sebagai narasumber sekaligus pemilik gubuk kreasi. Para peserta langsung membuat kerajinan tangan berupa plakat, gantungan kunci, dan name tag dari bahan kayu.

Dizaman teknologi dan pengetahuan yang bergerak cepat, setiap individu harus menyesuaikan diri dengan situasi dimana mindset, kreativitas dan inovasi adalah suatu keniscayaan. Tentunya cara berpikir entrepreneur (kewirausahawan) adalah solusi konkrit disaat investasi dunia kerja sedang tidak baik baik saja.

“Bayangkan saja, untuk di Bangka saja setiap perusahaan skala lokal hanya merekrut pegawai tidak lebih dari 10 orang. Perusahaan dengan skala nasional baik BUMN ataupun CPNS setiap Instansi/Lembaga tidak lebih dari 100 orang. Sedangkan setiap tahun Universitas/PT mewisudakan mahasiswa-wi atau lulusan SMA/SMK lebih kurang dari 1000 orang pertahun,”tutur nya.

Jika notabene cara berpikir tertuju hanya untuk menjadi seorang karyawan dan pegawai, maka jelas dampak akhirnya yakni pengangguran dimana mana, kemiskinan dan kriminalitas meningkat drastis.

Setiap individu adalah bagian dari kegagalan dan keberhasilan. Keduanya adalah attacment / keterkaitan. Jadi jangan takut dengan kegagalan, karena kegagalan adalah langkah estafet keberhasilan. Tentunya dalam kaedah sosial dan norma yang dibenarkan kita harus menjadi insan bernilai.

Kewirausahawan merupakan enterprise dari pola bisnis yang kita tawarkan ke konsumen yakni salah satunya buah kreativitas hasil kerajinan tangan yang kita buat, contonya seperti saat ini yang sedang anda kerjakan.

“Mulailah menjadikan hobi untuk menghasilkan pundi-pundi uang, hobi yang diselingi kreativitas tentunya akan membawa peluang dan keuntungan,” tutup nya. (kik)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *