Kembali Terpilih Pimpin UBB, Prof  Ibrahim Raih Suara Mutlak 

by -58 views

Bangka, MPH

Pemilihan rektor Universitas Bangka Belitung (UBB) telah selesai dilangsungkan, di Balai Besar Peradaban Gedung Rektorat UBB, Juma, 15 Maret 2024.

Profesor Ibrahim kembali terpilih sebagai Rektor periode 2024-2028. Rektor inkumben itu meraup suara mutlak 34 suara dari 34 suara sah, mengalahkan dua calon lainnya, Dr Robin dan Dr Eni Karsiningsih.

Pemilihan Rektor memperebutkan 34 suara dengan komposisi 65% suara anggota senat UBB dan 35% suara Menteri. Menteri Dikbudistek Nadiem Makarim memberi kuasa kepada pejabat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Ristek Dr. Lukman, M.Hum yang juga menjabat sebagai Direktur Kelembagaan Dikti Ristek.

Suasana pemilihan sendiri berjalan secara demokratis melalui pencoblosan surat suara yang disediakan panitia. Ada 3 calon yang berhasil masuk ke 3 besar dalam pemilihan sebelumnya, yakni Dr Robin, Prof Dr Ibrahim, dan Dr Eni Karsiningsih.

Rapat yang dipimpin oleh Pimpinan Senat berjalan tertib dan lancar. Dr Lukman yang menjadi kuasa Menteri dalam sambutannya setelah pemilihan mengatakan bahwa Pemilihan Rektor yang berlangsung di UBB saat ini adalah pemilihan yang langka karena baik suara menteri maupun suara senat tertuju pada orang yang sama secara total.

“Ini jarang terjadi sepanjang pengalaman saya menjadi kuasa menteri, biasanya ada dinamika yang selalu berlangsung dengan beragam drama. Kali ini UBB menorehkan pengalaman berharga dan langka,” tuturnya.

akan dikirimkan ke menteri untuk ditetapkan dan selanjutkan dijadwalkan pelantikan. Prof Ibrahim sendiri akan berakhir masa jabatannya pada tanggal 16 April 2024.

Prof Ibrahim sendiri sebagai Rektor terpilih menyatakan terima kasih atas kepercayaan para anggota senat dan Menteri yang telah memberikan semua suara pada dirinya. Ia mengatakan bahwa ke depan tantangan UBB cukup besar, terutama pada proses memperkuat kelembagaan UBB sebagai BLU dan persiapan transformasi ke PTNBH pada waktunya nanti.

Sapu bersih suara tersebut menurutnya adalah bentuk dukungan kuat dan menjadi energi besar untuk semakin mengembangkan UBB. (kik)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *