Dalam 30 Menit Satresnarkoba Barut Ringkus Pengedar Sabu 

by -309 views

BARITO UTARA, MPH 

Pria berusia 22 tahun itu berinisal DI alias Deden. Ia, pengedar obat terlarang narkoba jenis sabu-sabu. Tapi pada Kamis sore, 22 Juli 2021, aksinya terhenti. Sebab, Satuan Reserse Narkoba Polres Barito Utara (Barut), mampu mengungkap kejahatannya.

Saat ditangkap, Deden akan mengantarkan sabu-sabu kepada pelanggannya. Jadilah, ia tak berkutik karena diamankan beserta barang bukti di Jalan Brigjen Katamso, Gang Mubarokah, Rt 028, Rw 009, Kelurahan Melayu, Kecamatan Teweh Tengah.

Barang bukti yang ikut diamankan diantarannya  dua buah paket plastik klip berisikan sabu berat satu koma tiga belas gram bruto, satu dompet kecil berwarna ungu, satu buah sendok takar shabu yang masing-masing berwarna putih bening list biru dan warna hitam.

Selain itu, barang bukti berikutnya adalah  16 lembar plastik klip kosong,  satu  buah Hp merk Samsung J2 prime warna hitam serta  satu buah permen kiss warna biru.

Menurut Kapolres Barito Utara AKBP Dodo Hendro Kesuma melalui Kasat Narkoba AKP Slameto, penangkakapan pelaku berdasarkan informasi dari masyarakan bahwa pelaku sering melakukan penyalahgunaan narkotika.

Setelah dilakukan penyelidikan, pelaku berhasil diamankan. Saat penggeledahan badan petugas menemukan dua paket serbuk kristal putih. Narkotika disembunyikan dalam helm milik pelaku dan disaku celana sebelah kiri belakang.

Barang bukti dan pelaku dibawa ke Polres Barito Utara untuk proses lebih lanjut. Terhadap pelaku dalam hal ini akan di bidik pasal 114 ayat (1) Jo pasal 112 ayat (1) Undang-undang RI No 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Dan, dalam setengah jam Satresnarkoba Polres Barito Utara kembali melakukan penangkapan. Kali ini, yang ditangkap adalah HL. Pria berusia 35 tahun yang punya panggilan Dandit ini, merupakan pengedar narkoba di Jalan Keladan, Rt 004, Rw 001, Kelurahan Lanjas, KecamatanTeweh Tengah.

Ketika pengerebekan di rumahnya, pelaku diduga sedang menimbang narkotika jenis sabu di dapur. Lalu,  saat penggeledahan badan dan rumah ditukan  tiga serbuk kristal putih di lantai dapur. Serta sembilan buah plastik klip berisikan serbuk kristal putih diduga narkotika jenis sabu di bawah kolong rumah.

Tercatat, barang bukti yang ditemukan adalah  12 buah paket plastik klip berisikan sabu berat 6,12 gram bruto, dua bungkus plastik klip kosong, dan  satu timbangan digital warna silver. Selain itu, ada  satu sendok takar yang terbuat dari sedotan plastik berwarna putih bening,  satu Hp warna ungu dan uang tunai sebesar Rp 250.000.

Pelaku dan barang bukti, kemudian  dibawa ke Polres Barito Utara untuk proses lebih lanjut. “Terhadap pelaku dalam hal ini akan disangkakan Pasal 114 ayat (1) Jo pasal 112 ayat (1) Undang-undang RI No 35 tahun 2009 tentang Narkotika,” tutur Kapolres melalui Kasat  Narkoba.(pur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *