Dinas Kesehatan Kota Cimahi Peringati Hari Kesehatan Nasional  

by -293 views

CIMAHI , MPH-Pemerintah Kota Cimahi melalui Dinas Kesehatan Kota Cimahi menyelenggarakan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 58 Tahun 2022 bertempat di lapangan Apel kantor Pemerintah Kota Cimahi, Senin, 14 November 2022.

Hari Kesehatan Nasional (HKN) diperingati setiap tanggal 12 November setiap tahunnya. Pada peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-58 Tahun 2022 mengambil tema BANGKIT INDONESIAKU, SEHAT NEGERIKU.

Tema ini dipilih untuk menggambarkan bangkitnya semangat dan optimisme seluruh lapisan masyarakat lndonesia yang secara bersama, bahu membahu, dan bergotong royong dalam menghadapi situasi kesehatan di masa pandemi covid-19, sehingga masyarakat indonesia dapat kembali beraktivitas dan produktif agar indonesia kembali bangkit dan kembali sehat.

Apel Peringatan Hari Kesehatan Ke-58 Tahun 2022 diselenggarakan secara hybrid, dihadiri oleh unsur Pejabat Fungsional, Pejabat Struktural dan ASN di lingkungan Pemerintah Kota Cimahi dipimpin oleh Pj. Wali Kota Cimahi Dikdik S. Nugrahawan, yang dalam kesempatan tersebut menyampaikan amanat dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi G. Sadikin pada Peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke – 58 Tahun 2022.

Dalam amanatnya Budi bersyukur karena Indonesia mampu menghadapi tantangan dan krisis kesehatan akibat pandemi Covid 19, ia juga mengatakan bahwa Indonesia termasuk lima besar negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia namun ia juga mengingatkan gar masyarakat tidak lengah dan harus melengkapi vaksinasi covid-19 dengan booster.

Menkes juga mengungkapkan selain dihadapkan dengan pandemi Covid 19, Pemerintah juga mengupayakan penanganan masalah kesehatan lainnya yang merupakan program prioritas nasional, seperti penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB), menurunkan angka stunting pada balita, memperbaiki pengelolaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), serta meningkatkan kemandirian penggunaan produk farmasi dan alat kesehatan dalam negeri.

“Pandemi juga menjadi momentum bagi pemerintah untuk terus berbenah, melakukan transformasi pada sistem kesehatan di tanah air.” tutur Dikdik mengutip amanat Menteri Kesehatan RI.

Kemenkes saat ini sedang melakukan transformasi sistem kesehatan yang berfokus pada 6 pilar, Adapun fokus 6 pilar transformasi kesehatan adalah transformasi layanan primer, transfomasi layanan rujukan, transformasi sistem ketahanan kesehatan, transformasi sistem pembiayaan kesehatan, transformasi sdm kesehatan, dan transformasi teknologi kesehatan. Hal ini untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, mandiri, produktif, dan berkeadilan, sekaligus sebagai bentuk kesiapan pemerintah dalam menghadapi masalah kesehatan di masa yang akan datang

Dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 58, Dinas Kesehatan Kota Cimahi juga menyelengarakan pelayanan kesehatan bagi ASN, yaitu Pemeriksaan PTM (Gula Darah, Kolesterol, BB-TB-LP) dan pelayanan Vaksin Covid-19 (booster atau vaksin yang ke 3) yang melibatkan organisasi/lembaga dan swasta di bidang kesehatan yang ada di Kota Cimahi.

”Kegiatan ini kami melibatkan dari unsur kesehatan, Prodia, Pramita, Hakli, PPNI, Persagi, PDGI, IDI, IBI, BPJS kesehatan, BPJS ketenagakerjaan, PT mitra asa, dan kemudian juga ada Lab Swasta yang berkontribusi. Peserta yang hadir dalam kegiatan ini ASN yang ada di Pemkot Cimahi,” ucap Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi Mulyati dalam wawancara dengan awak media.

Pada apel peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 58 tersebut, Pj. Wali Kota Cimahi menyerahkan beberapa penghargaan, yaitu Poster Tk. Nasional (Riko Aldi. A.Md.Kep.), Pos UKK (POS UKK MYMO, POS UKK HANJUANG).(abn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *