60 Personel Kena Mutasi Jelang Akhir September 2023 

by -105 views

JAKARTA, MPH

Selasa, 26 September 2023, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menerbitkan surat telegram (TR). Isinya mutasi besar-besaran yang melibatkan 60 personel.

Kapolda Aceh dan dua Wakapolda, ikut masuk dalam gerbong mutasi. Kapolda Aceh, Irjen Pol. Ahmad Haydar digantikan oleh Irjen Achmad Kartiko.

Irjen Achmad Kartiko sebelumnya menjabat sebagai Pati Baintelkam Polri. Penugasannya sebagai Deputi Bidang Penempatan dan Perlindungan Kawasan Eropa dan Timur Tengah BP2MI.

Setidaknya ada dua surat telegram Kapolri yang diterbitkan tertanggal 26 September 2023, yakni ST/2163/IX/KEP./2023 sebanyak 35 personel dimutasi dan ST/2164/IX/KEP./2023 sebanyak 25 personel dimutasi.

Hal itu, disampaikan oleh Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) DivHumas Polri Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan.

Tapi menurut Ahmad Ramadhan, mutasi dan rotasi di tubuh Polri adalah hal biasa merupakan bagian tour of duty dan penyegaran organisasi,katanya.

Tidak hanya Kapolda Aceh yang digeser, karena ada dua Wakapolda yang mengalami rotasi. Wakapolda Aceh dan Wakapolda NTT.

Wakapolda Aceh, Brigjen Pol. Syamsul Bahri digantikan oleh Kombes Pol Armia Fahmi. Selanjutnya, Brigjen  Syamsul dimutasi lantaran memasuki masa pensiun.

Sementara itu, Wakapolda NTT Brigjen Pol. Heri Sulistianto yang memasuki masa pensiun digantikan Brigjen Pol. Awi Setiyono yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Gubernur Akademi Kepolisian.

Selain mutasi, ada personel yang mendapat promosi, yakni satu personel berpangkat inspektur jenderal polisi (irjen), satu personel berpangkat brigadir jenderal (brigjen), lima personel berpangkat komisaris besar polisi (kombes), satu personel berpangkat AKBP, dua personel jabatan kapolres golongan IIB, empat personel jabatan kapolres golongan IIIA2.

Untuk personel yang pesiun sebanyak 25 personel, 13 personel dimutasi karena penugasan khusus, tiga personel selesai penugasan khusus, dan dua personel dalam rangka evaluasi jabatan. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *