Hari Pertama 480 Peserta Ikut UTBK-SNBT UBB 2024  

by -182 views

Balunijuk, MPH

Gelombang pertama pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) di Universitas Bangka Belitung (UBB) berjalan lancar. Hal itu dipertegas oleh ketua pusat UTBK-SNBT UBB Dr. Nizwan Zukhri.

“Selama pelaksanaan di hari pertama ini tidak terjadi kendala yang signitifikan dan itu bukan hanya terjadi di UBB saja, melainkan hampir di beberapa tempat pelaksanaan dan tidak mengangu jalannya para peserta untuk mengikuti tes,” ungkapnya pada Senin, 30 April 2024.

Pada SNBT hari pertama ini, para peserta yang terdaftar mengikuti pelaksaan UTBK UBB sebanyak 480 peserta dengan rincian sesi I 240 peserta dan Sesi II juga sebanyak 240 pendaftar. Sedangkan yang mengikuti pada sesi I sebanyak 230 peserta yang hadir dan tidak mengikuti 10 peserta, serta sesi II yang hadir 231 dengan 9 tidak hadir.

Nizwan menambahkan, bercermin dari hari pertama ini dirinya cukup optimis bahwa pelaksanaan pada sesi selanjutnya dapat berjalan dengan lebih lancar lagi, baik dari segi teknis dan dari segi pesertanya.

“Hal itu karena kita selalu mengikuti ketentuan dan Panduan Operasional Bersama (POB) yang berasal dari pusat UTBK dan menjadi persyaratan seperti masalah listrik, komputer dan beberapa hal lainnya,” sebutnya.

Jika memang ada kendala, tambahnya, sudah dipersiapkan langkah-langkah antisipasi yang sesuai, hingga dapat berjalan dengan baik.

Lebih lanjut, beliau juga menyebutkan dari segi peserta juga tidak ditemukan perihal yang mengarah pada kecurangan atau ditemukan unsur tersebut.

Sementara itu, salah satu peserta UTBK asal Kota Pangkalpinang bernama Ari yang mendapatkan jadwal di hari pertama UTBK menyebutkan, selama pelaksanaan ujian tidak ada kendala dan berjalan dengan baik.

“Kalau terkait pelaksanaan dan perangkat komputer tidak ada kendala waktu ujian tadi,” pungkasnya saat diwawancara setelah pelaksanaan.

Dari beberapa soal yang di ujikan, dirinya cukup optimis dengan hasil yang akan diperoleh nanti dan dapat menjawab dengan lancar.

“Mudah-mudahan dapat lolos nanti ketika pengumuman. Soalnya tadi cukup yakin dengan soal yang diujikan terutama di bagian literasi bahasa Inggris, Literasi Bahasa Indonesia dan Skolastik. Hanya ada beberapa soal yang kurang paham di penalaran matematika,” tutupnya.(tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *