Pesan Kapolri di HUT ke 78  Korps Brimob: Kawal Program Nasional dan Pemilu 2024

by -95 views

JAKARTA, MPH

Kamis, 16 November 2023, digelar puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Korps Brimob Polri Tahun 2023. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, hadir langsung di Mako Brimob, Depok.

Kapolri menyampaikan sejumlah pesan kepada pasukan Brimob. Salah satunya mewaspadai pengamanan tahapan Pemilu 2024.

Pada HUT ke-78 Korps Brimob Polri, Jenderal Sigit menuturkan ada tujuh hal menghadapi tantangan stabilitas Kamtibmas yang perlu menjadi perhatian.

Pertama, pengamanan major project pemerintah. Berikan dukungan penuh dalam menjamin stabilitas kamtibmas di lokasi major project, karena major project merupakan leverage point (daya ungkit) pembangunan nasional.

Kedua, perlu dilakukan pengamanan adalah event nasional maupun internasional. Kapolri mengatakan keberhasilan pengamanan merupakan pertaruhan Indonesia di mata internasional.

Oleh sebab itu, ia  meminta seluruh event yang digelar harus berjalan aman dan lancar sehingga meningkatkan kepercayaan terhadap Indonesia dan pertumbuhan ekonomi.

Ketiga, penanggulangan bencana alam. Selalu pastikan kesiapsiagaan personel dan sarpras sehingga kita dapat melakukan quick response guna memitigasi bencana, sebagai wujud kehadiran negara di tengah-tengah masyarakat. Keempat, pergerakan KKB dan KKP di Papua.

“Lakukan gakkum dengan menjunjung tinggi HAM, namun tetap tingkatkan upaya soft approach untuk ‘winning hearts and minds’ (memenangkan hati dan pikiran), sehingga dapat mengurangi pengaruh kelompok anti NKRI serta meningkatkan kecintaan masyarakat Papua terhadap Indonesia,”kata kapolri.

Lebih lanjut, ancaman terorisme juga perlu diwaspadai. Jenderal Sigit meminta Brimob berkolaborasi dengan Densus 88 guna mengantisipasi pelaku teror melancarkan aksinya.

Perlu diwaspadai adanya kelompok teror yang menggunakan isu konflik Palestina-Israel sebagai propaganda, guna memicu aksi teror secara terorganisir maupun lone wolf.

Lanjutnya,  perlu diantisipasi konflik sosial. Jenderal Sigit mengatakan jika ada konflik sosial harus dilakukan sesuai SOP dengan memperhatikan asas-asas proporsionalitas, legalitas, akuntabilitas, dan nesesitas.

“Agar kita dapat melakukan pengamanan secara efektif dan terhindar dari tindakan excessive use of power. Ketujuh, Pengamanan Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024. Amankan seluruh tahapan pemilu dengan penuh kewaspadaan, sungguh-sungguh dan tidak underestimate. Pastikan pembagian 4 wilayah zonasi serta kesiapan pasukan power on hand Kapolri dapat dimobilisasi kapan pun dan di mana pun jika sewaktu-waktu diperlukan,” terangnya.

Jenderal Sigit berharap Brimob terus menjadi pasukan elite kebanggaan Polri. Dia juga mengutip pesan Komjen Jasin, salah satu pahlawan nasional yang dikenal sebagai Bapak Brimob.(jek)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *