Kabupaten Bangka Raih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya dari KemenPPPA RI

by -110 views

BANGKA, MPH

Akhirnya, kerja keras Kabupaten Bangka dalam mewujudkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan di berbagai bidang pembangunan, membuahkan hasil.

Hasil terbesar yang kemudian diraih Kabupaten Bangka, adalah mendapatkan Anugerah Parahita Ekapraya tahun 2022 kategori Nindya. Penghargaan itu,  diberikan Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (Kemen PPPA RI).

Menteri PPPA RI, Bintang Puspayoga langsung menyerahkan penghargaan tersebut yang diterima oleh Penjabat (Pj) Bupati Bangka, M Haris AR AP,  didampingi Kepala dan Sekretaris Dinas P2KBP3A serta Kabid Sosial dan Ekonomi Bappeda Kabupaten Bangka.

Pj Bupati Bangka, M Haris, menuturkan penghargaan yang diraih Kabupaten Bangka tersebut, merupakan bentuk pengakuan atas komitmen dalam mewujudkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, di berbagai bidang pembangunan.

“Terimakasih kepada Kemen PPPA RI atas penghargaan yang telah diberikan kepada Kabupaten Bangka,” tutur M Haris, ditemui di Jakarta Barat, Selasa (19/12/2023).

Sementara, Menteri PPPA RI, Bintang Puspayoga dalam sambutannya mengungkapkan, penganugerahan Parahita Ekapraya, didasarkan atas hasil evaluasi penyelenggaraan pengarusutamaan gender (PUG) tahun 2022, yang telah disampaikan oleh kementerian/lembaga serta pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota.

Lebih lanjut, ia menerangkan, di tahun 2023, terdapat 360 instansi, dengan rincian 16 kementerian/lembaga, 28 pemerintah provinsi dan 316 pemerintah kabupaten/kota, yang telah melaporkan hasil Evaluasi Penyelenggaraan PUG melalui evaluasi mandiri.

Dari hasil evaluasi mandiri, dilakukan verifikasi administrasi dan verifikasi lapangan (melalui sampling), kemudian dilakukan verifikasi akhir,” terang Bintang Puspayoga.

Hasil verifikasi akhir, terdapat 12 kementerian/lembaga, 25 pemerintah provinsi dan 237 kabupaten/kota, yang menerima penganugerahan Parahita Ekapraya di tahun 2023 ini. (tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *