Tim Polda Kalteng ke Lokasi Penemuan Benda Diduga Bagian pesawat

by -124 views

KALTENG, MPH-Selasa, 05 Januari 2021, tim gabungan Polda Kalimantan Tengah, menuju lokasi ditemukannya benda yang diduga bagian dari pesawat terbang.

Tim yang berangkat ke Kabupaten Kumai, Kalteng adalaah  DITPOLAIRUD POLDA KALTENG, LANUD ISKANDAR, KSOP, POS AL Kumai, BASARNAS, KODIM, Satpolair Polres Kobar, Polsek Kumai, serta masyarakat yang menemukan benda tersebut.

Seperti diketahui, benda yang menyerupai bagian pesawat ditemukan oleh Arfandi pada Jumat,  01 Januari 2021. Saat sedang memancing, sekitar 22.00 WIB, Arfandi melihat benda yang diduga bagian dari pesawat.

Esok harinya, benda tersebut dicek. Lalu, pada Selasa tanggal 05 Januari 2021, tim gabungan tiba di lokasi. Kedatangan tim agak terhambat, karena baru tiba pukul 11.00 wib dikarenakan faktor cuaca dan pasang surut air.

Lokasi penemuan benda yang diduga bagian pesawat itu, ada di tepi pantai teluk keramat blok 77 dengan kondisi berlumpur kedalaman 60-140 cm.

“Benda yang ditemukan berbentuk setengah tabung dengan panjang kurang lebih 8 meter dan diameter kurang lebih 5 meter. Bahan dari serpihan fiber, hanecom alumunium, sejenis plat alumunium,” kata Dir Polairud Polda Kalteng, Kombes Pol Pitoyo Agung Y, SIK, M.HUM.

Bersama itu, ditemukan sejumlah benda lain. Ada elektrik plak dengan kode YF 19-46TJa WFC, kode YF 19-46TJa WFC2, plak tanpa kode ada 2 jenis, diduga elektrik selenoid kode BLS-300C 34-1 19C. Juga, serpihan Hanicom dari alumunium,serpihan fiber.

Selain itu, ditemukan pula logo pada sisi luar benda berbentuk Bintang berwarna kuning dan sisi sebelahnya dengan logo  bintang bekas terbakar dengan tulisan CNSA dikelilingi gambar Padi.

Adapun temuan lain ditempat terpisah berjarak sekitar 500 meter dari benda yang diduga bagian dari pesawat berupa Pelampung dan wearpack dengan merk YUAN WANG HAI PANAMA.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *