Ke Sulsel, Kapolri Apresiasi Program Balla Ewako

by -19 views

MAKASSAR, MPH

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan kunjungan kerja ke Sulawesi Selatan, pada Kamis lalu, 11 Februari 2021.Penegakan protokol kesehatan menjadi perhatian utama Kapolri.

Kunjungan pertama Jenderal Listyo Sigit ke Sulsel setelah dilantik menjadi Kapolri ini, memang untuk memastikan penegakan disiplin 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak). dan 3T (testing, tracing, treatment).

Kapolri didampingi Ibu Kapolri Ny. Juliati Sigit Prabowo, kemudian As Os Kapolri, Aslog Kapolri, Kadiv Humas Polri, Kadiv Propam, Dirpidter dan Kakorwas Polri.

Selama di Sulsel, Kapolri juga didampingi Kapolda Sulsel Irjen Pol Drs. Merdisyam,, Gubernur Sulsel, Pangdam XIV Hasanuddin, seluruh unsur Forkopimda, serta Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Witnu Urip.

Kawasan yang langsung dikunjungi begitu Kapolri tiba di Sulsel adalah Kampung Tangguh Balla Ewako di Perumahan Villa Mutiara Kelurahan Bulurokeng, Kecamatan Biringkanaya, Makassar. Di sini, selain sosialisasi 3M dan 3 T, rombongan Kapolri juga membagikan masker dan handsanitizer kepada masyarakat.

Kapolri juga melihat kegiatan Balla Ewako dalam upaya mendukung penegakan protokol kesehatan dengan disiplin 3M dan 3T. Sebanyak 20.000 masker dan 20.000 botol handsanitizer juga diberikan kepada perwakilan Balla Ewako yang diterima para ketua RT, Bhabnkamtibmas dan Babinsa.Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengapresiasi kegiatan-kegiatan Balla Ewako di Sulsel yang berhasil menurungkan angka penyebaran Covid 19 di Sulsel. Serta, mengajak masyarakat Sulsel aktif mendukung Program Kampung tangguh Balla Ewako  ini.

“Sulsel yang dulunya masuk zona merah, dengan kegiatan Balla Ewako yang didukung disiplin menerapkan Prokes, berubah menjadi zona hijau. Mohon  pertahankan ini. Bersama-sama kita gelorakan program Kampung Tangguh Balla Ewako  untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” kata Kapolri.

Dari Kompleks Villa Mutiara Bulurokeng, Kapolri menuju  Aula Mappaoddang di komplek Mapolda Sulsel. Tapi sebelumnya, Kapolri menerima jajar kehormatan oleh personil Mapolda Sulsel.

Dalam arahannya, Kapolri kembali menegaskan displin pemakaian 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak) dan 3T. Sebab, dengan Langkah itu, mata rantai penyebaran virus bisa diputus.

“Jadi Bhabingkamtibmas dan Bhabinsa mendampingi petugas kesehatan dalam melaksanakan tracking dan vaksin. Diharapkan lebih aktif menyisir sebanyak mungkin mereka yang terpapar virus,” ungkap Kapolri.

Di depan personel Polda Sulsel, Kapolri memuji program Balla Ewako berhasil menjadikan Sulsel dari zona merah menjadi zona hijau. Kapolri mengharapkan personel Polda Sulsel tetap melaksanakan penegakan Protokol kesehatan di Sulsel

Dalam ksempatan tersebut Kapolri juga memberikan penghargaan kepada Bripka Gunawan, Bhabinkamtibmas Desa Lampoko Kecamatan Barebbo, Kabupaten Bone.Penghargaan juga diberikan ke Brigpol Ilham Nur atas inisiatifnya dalam mendirikan Perpustakaan Keliling.

Usai memberikan arahan kepada para pejabat utama Polda Sulsel, Kapolri melanjutkan silaturrahmi dengan KH  Sanusi Baco, LC di kediamannya Jl. Kelapa Tiga, Kamis.

Kunjungan ini dimaksudkan untuk mempererat hubungan Polri dan Ulama serta ormas-ormas besar Islam. Kapolri minta dukungan para ulama agar turut menyampaikan pesan-pesan kamtibmas melalui dakwah dan ceramah. (sym)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *