Kapolri & Menko Polhukam Tinjau Kesiapan Arus Mudik di Merak

by -71 views

Jakarta , MPH

Senin, 1 April 2024, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama dengan Menko Polhukam Marsekal TNI (Purn.) Hadi Tjahjanto, bersama-sama naik helikopter. Dua pejabat tinggi itu,  terbang ke Merak, untuk meninjau langsung kesiapan pengamanan arus mudik Lebaran 2024.

Bertolak dari Lapangan Silang Monas, patroli udara itu, mengarah ke Pelabuhan Merak, Banten. Selain melihat kesiapan area pelabuhan Merak, dari udara, Kapolri dan Menko Polhukam memantau kondisi arus lalu lintas jalur tol.

Sebelumnya, Kapolri melaksanakan rapat koordinasi lintas sektoral kesiapan Operasi Ketupat Tahun 2024. Tujuannya untuk memastikan pelaksanaan mudik berjalan aman dan lancar.  Juga saat terjadi arus balik, pasca Lebaran.

Jenderal Sigit menegaskan bahwa kesiapan strategi dan pengecekan jalur sejak dini sangat diperlukan. Terutama demi menekan kecelakaan lalu lintas.

“Secara statistik terjadi penurunan laka lantas dibandingkan 2022. Namun demikian karena mudik meningkat kita harapkan laka lantas dan kemacetan lalin di mudik 2024 ini betul-betul bisa kita kelola dengan baik,” tegasnya.

Pada operasi ketupat tahun ini, tambah Kapolri, tidak kurang dari 155.165 personel gabungan diturunkan. Semua bertujuan untuk memastikan mudik aman dan lancar. Selain itu, ada 5.784 pos untuk memberikan pelayanan.

“Pos yang ada di jalan tol, rest area, kemudian di arteri dan termasuk jalur yang kita persiapkan untuk berikan pengamanan di wilayah wisata, ini juga kita persiapkan,” demikian kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (jak)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *